Wallcovering

Wallcovering


Wallcovering merupakan salah satu bentuk hiasan yang bisa ditempelkan pada dinding dengan cara tertentu dan dengan motif tertentu. Sebuah ruangan yang diaplikasikan wall covering di dalamnya akan membentuk ruangan dengan tema tertentu dan lebih tereksplor gaya maupun riasannya. Ruangan dengan wallcovering akan memiliki sebuah karakter yang disesuaikan dengan keinginan dan juga sesuai dengan yang dikonsepkan oleh pemilik rumah.

Wallcovering, Cara Lain Untuk Memperindah Rumah


Wallcovering
Teknik wallcovering menggabungkan seni dan keselarasan gaya sehingga akan menghasilkan sebuah konsep dan tema tertentu di dalam sebuah ruangan. Teknik itu merupakan sebuah cara yang bisa diambil oleh seorang pemilik rumah tanpa harus melakukan pengecatan ulang sebuah ruangan yang akan mengambil banyak waktu. Penerapan wall covering pada dinding selain memperindah juga memiliki waktu yang singkat dalam pengerjaannya. Misalnya saja ruang tamu, akan memiliki motif tertentu yang sesuai dengan konsep rumah jika diterapkan teknik wall covering.

Hal yang harus diperhatikan dalam wallcovering ialah pemilihan dari berbagai motif yang harus selaras dengan ruangan, perabotan di dalamnya. Banyak sekali yang membayangkan bahwa menyatukan antara konsep ruangan, wallpaper, dan perabotan merupakan hal yang sulit padahal bisa saja dilakukan dengan mudah terutama jika menggunakan bantuan dari desainer interior yang sudah berpengalaman dan fusion atau padu padan sesuatu menjadi lebih indah dan lebih menarik. Atau bisa juga mengandalkan arsitek untuk melakukan paduan sehingga tercipta harmonisasi yang baik di dalam ruangan.

Jika diimajinasikan secara sepihak maka akan ada bayangan yang tidak sesuai, sehingga yang perlu diperhatikan sebelumnya ialah desain visual mengenai bagaimana nantinya jika tiga faktor yang sudah disebutkan tadi disatukan di dalam sebuah ruangan. Akan ada bayangan jika dibantu dengan visual yang baik melalui layar komputer misalnya, atau dengan desain 3D yang biasa ditawarkan oleh desainer interior sebuah perusahaan properti. Berbagai tekstur wallpaper dan berbagai jenis wallpaper akan memberikan dampak dan efek yang berbeda kepada setiap ruangan dalam pengaplikasiannya.

Untuk ruangan yang luas maka bisa menggunakan wallpaper yang gelap atau terang sekalian. Tetapi untuk ruangan yang tidak terlalu luas, gunakan covering yang memiliki warna lembut atau wall covering yang memiliki motif yang kecil. Teori penekanan dari desain interior ada pada pemilihan warna serta motif yang akan menimbulkan sebuah harmonisasi yang baik di dalam sebuah ruangan. Untuk hasil yang lebih baik pemilihan motif dan warna direkomendasikan untuk dilakukan diskusi bersama dengan seluruh keluarga sehingga semua keluarga menyenangi desain yang diputuskan nantinya.

Beda ruangan, maka beda pula wall covering yang digunakan. Untuk ruangan yang mungil akan bagus digunakan warna terang sehingga menimbulkan kesan yang lapang. Sedangkan ruangan tidur akan lebih baik jika menggunakan wallpaper yang bertema klasik sehingga menimbulkan efek nyaman dan membuat tidur lebih nyenyak dibandingkan menggunakan warna warna terang. Berbeda lagi jika wallpaper akan digunakan di kamar mandi. Bahan covering yang digunakan tentu akan berbeda jika dibandingkan dengan wallpaper di ruangan biasa.

Teknik lainnya dalam wallcovering bisa dikonsultasikan bersama dengan desainer interior atau arrsitek sehingga hasil yang akan didapatkan jauh lebih baik dibandingkan dengan teknik asal dan tidak menggunakan padu padan yang baik dalam pemilihan, baik pemilihan warna, pemilihan motif, dan pemilihan berbagai hal lainnya yang menyangkut dengan wallpaper. Aneka macam wallpaper bisa menjadi alternatif untuk menciptakan keindahan di ruangan rumah.